Motivation

Home » News » Motivation » NILAI KEPEMIMPINAN DARI DUNIA SPORT

NILAI KEPEMIMPINAN DARI DUNIA SPORT

NILAI KEPEMIMPINAN DARI DUNIA SPORT
Oleh : Rudy Rachman, MBA
*Telah dipublikasi melalui berbagai media..

Sering quote olahraga dijadikan motivasi bagi para eksekutif, ini beralasan mengingat prestasi yang diukir lahir dari perfoman yang luar biasa.

Sejenak merenung, dalam kehidupan sehari-hari kita berinteraksi dalam rutinitas, masing-masing memiliki tujuan, profesi dan tanggung jawab, tetapi soal karakter tentu beda-beda.
Mencapai Misi menuntut kecakapan Kepemimpinan dan Manajemen, konon menurut John C Maxwell Kepemimpinan didefinisikan sebagai kemampuan mempengaruhi pihak lain untuk berkomitmen dan mau mengemban Tanggung jawab demi mencapai sebuah tujuan, sementara Manajemen adalah Kemampuan seseorang untuk mendelegasikan wewenang kepada pihak lain sesuai dengan kecakapannya dengan batasan “Tanggung jawab” dan wewenang.

Implementasi kepemimpinan dan manajemen itu beragam, persis Olahraga :
1. Gaya Boxing,
Dalam area kerja beberapa tipe akan mencari lawan latihan (sparing partner), biasanya keduanya babak belur dan setelah itu mereka mencari lawan tanding dan pemenangnya berdiri diatas lawan yang K.O, gaya kepemimpinan ini sedikit menegangkan, tapi penonton riuh rendah. Gambaran ini persis cara menjual banting harga, dari discount, kredit hingga umbar hadiah.

2. Gaya Catur,
Beberapa pemain akan berpikir keras bagaimana menghambat laju lawan bermain dan penuh dengan strategi, satu kesalahan bisa berakibat fatal kehilangan bidak. Jurus pemasaran yang penuh dengan Term & Condition, tidak enak menghadapi prosesnya tapi asyik untuk mengisi waktu suntuk.

3. Gaya Sepak Bola,
Secara perseorangan perusahaan melatih setiap unit untuk memiliki peran, baik sebagai kipper, penyerang, sayap kiri dan kanan, pemain belakang, namun jika moment mendukung masing-masing unit berpeluang menghasilkan Goal, walau lumayan capek mengejar bola dan menghadapi jegal-jegal lapangan, satu goal berarti kemenangan besar.
Strategi bisnis yang berbicara dalam partai besar, seperti propertie dan Marketing campain diperusahaan snack, motor, mobil.

4. Gaya Billiar
Permainan para kontraktor, yang mampu melihat dampak dari sebuah hubungan, tipe pemimpin elegan yang mampu melihat sudut pandang prospektif, ia memberi kontribusi pada setiap pihak, menggerakkan mobilitas dan mencapai tujuan. Pemain Billiar ini adalah pemain papan atas, hingga rekornya sekali sentak semua sasaran tercapai.

5. Gaya Golf
Konon ada lelucon berkata, bukan stick dan tangan yang letih dalam bermain golf melainkan lidah yang letih dalam memperjuangkan transaksi selama permainan itu, Olahraga bagi orang sukses yang cenderung bermain untuk sebuah bisnis. Melesetnya Goal adalah demi memenangkan transaksi, jadi Sang juara tidak selamanya Menang, berlaku diarena ini.

Masing-masing dari kita memiliki keunikan dan cara, tetapi landasan dasar dari sebuah Misi hendaknya diletakkan pada sirmulasi apakah ketika dipuncak kita akan berkata “On The Top, I am Alone?” atau sekali lagi meniru gaya sepak bola, ketika anda berhasil mencetak sebuah “Goal” maka seluruh yang ada dihari itu akan mengelu-elukan keberhasilan yang dapat dinikmati bersama.

BE YOUR BEST